Namanya Juga Life adalah sebuah program di Narasi TV yang konten-kontennya dikemas sederhana dengan bahasa yang mudah dipahami, gaul, dan bersahabat. Alur yang dipakai seperti bercerita, sehingga tidak membuat audien jenuh, meski durasi beberapa tayangannya lebih dari 12 menit. Namanya Juga Life menghadirkan persoalan yang jarang diangkat, meski sangat sering dialami oleh banyak anak muda yang hidup di daerah urban. Meski berlatar di Jakarta, namun related dengan apa yang dihadapi oleh banyak anak muda di Indonesia, salah satunya adalah tayangan yang berjudul CPNS or Swasta, Apa yang Lo Paling Cari di Kerjaan?. Liputan ini tayang pada 3 Agustus 2021 lalu, yang saat itu sedang ramainya para fresh graduation dan mereka yang berkesempatan mengadu nasib untuk berlomba-lomba menjadi PNS.
Program ini memiliki tim yang relatif kecil dan komplit. Pada program ini membutuhkan seorang produser, 2 videografer, 1 video editor, 7 orang sebagai tim kreatif, seorang manager dan seorang penanggung jawab.
Perencanaan program dibuat dengan matang. Pada tayangan Derita Pekerja Freelance, Nentuin Harga Aja Bingung Sendiri, di detik pertama hingga detik ke 50, adalah rekonstruksi dari pengalaman seorang frelance (atau mungkin pengalaman pirbadi David, sang host). Riset awal yang dilakukan cukup menarik, yaitu dengan menanyakan pengalaman pekerja kreatif yang juga freelance di media sosial. Hasil riset yang ditampilkan dalam bentuk vlog berdurasi sekitar 10 detik yang menceritakan pengalaman tentang kompensasi hasil kerja kreatif. Sisanya adalah beberapa ciutan di twitter.
Di pertengahan video, liputan ini turut menghadirkan narasumber ahli, yang sudah lebih banyak berpengalaman sebagai freelance. Tak hanya itu, para narasumber ahli juga memberikan jawaban bagaimana menentukan harga yang sesuai dan profesional.
Meski baru 7 tayangan dalam program ini, namun semuanya dikemas dengan seru, santai, dan berisi. Rata-rata audien yang ditargetkan adalah orang muda usia 16-35 tahun, dengan latar pekerjaan sebagai pelajar, mahasiswa, freelance, pekerja kreatif (seniman, videografer, media social spesialist), dan lain-lain. Target geografi pasar adalah seluruh anak muda di Indonesia.
Untuk promosi konten, cuplikan tayangan berdurasi sekitar 30 detik dipromosikan melalui instagram Narasi dan story instagram. Promosi konten ini tidak terlalu insten, karena subscribe youtube Narasi TV sudah cukup banyak.
Platform yang digunakan oleh Narasi TV yaitu youtube, menjadikan audiens sendiri menentukan kapan waktu untuk menonton. *
#tugas3
#produksipptv2021
Komentar
Posting Komentar